Monday 11 April 2016

11 Tempat yang wajib dikunjungi di Semarang

05:43

Semarang merupakan kota metropolitan terbesar ke-5 di Indonesia setelah Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Kabupaten yang terkenal dengan lumpia boom, gedung Lawang Sewu, dan Puri Maerokoco (taman mininya Jawa Tengah) ini berada di kawasan Pantura, itulah kenapa kita sering menjumpai kemacetan di beberapa titik ketika melintasi jalur tersebut. Meski demikian, Semarang tetap mampu menyihir orang-orang untuk datang dan terus datang, terlebih saat akhir pekan maupun liburan. Tentu saja, keindahan kota dan wisata alamnya adalah alasan mengapa banyak orang ingin berlibur ke Semarang.
Nah, bila kamu ingin ke Semarang dan ingin meng-explore tiap sudutnya, berikut Ngadem.com rangkum informasi tempat wisata yang ada di Semarang:

1. Ingin merasakan sensasi mandi air panas di atas ketinggian? Coba deh ke Umbul Sidomukti

Foto dari @irinechristyana
Umbul Sidomukti terletak di Ds. Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang. Merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan yang didukung oleh fasiltas, seperti: Taman Renang Alam, Adrenalin Games, Outbond Training, Camping Ground, Pondok Kopi, Pondok Lesehan, Pondok Wisata, dan Meeting Room. Akses menuju lokasi sangatlah mudah, banyak papan penunjuk arah di sepanjang jalan, jadi tak perlu takut kesasar. Letaknya yang berada di atas awan membuat susana di sini cukup sejuk. Ada juga kolam air panas buat kamu yang ingin merasakan sensasi mandi air panas di kawasan pegunungan,

2. Yuk cek situs bersejarah Semarang lainnya di Candi Gedong Songo

Foto dari @candra_arian
Nama Gedong Songo diambil dari bahasa Jawa yang artinya sembilan bangunan. Jadi, candi Gedong Songo ini terdiri dari 9 candi yang keberadaannya tersebar di beberapa titik lereng Gunung Ungaran. Candi yang dibangun pada abad 9 Masehi ini terletak di Dsn. Darum, Ds. Candi, Kec. Bandungan, Semarang. Untuk sampai lokasi, kamu hanya memakan waktu 40 menit dari Ambarawa dan 10 menit dari wisata Bandungan. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat suhu di Candi Gedong Songo sungguh sejuk dan mampu membuat rileks pikiranmu yang lagi semarut.

3. Pengen jajal wisata yang agak esktrim di Semarang? Kenapa nggak ke Gunung Kendil aja?

Foto dari @wagusf
Selain Gunung Ungaran dan Gunung Telemoyo, Semarang juga memiliki satu gunung lagi, yaitu Gunung Kendil. Gunung Kendil terletak di sebelah utara Gunung Telemoyo, tepatnya di Dusun. Gojati, Sepakung. Sekitar 4Km dari Banyubiru, Salatiga, Semarang. Dengan ketinggian sekitar 1305 mdpl, sebenarnya gunung yang satu ini lebih menyerupai bentuk bukit. Berada di sini, kamu bisa melihat keindahan danau Rawa Pening dan wilayah sekitar. Gunung Kendil semacam Gardu pandang alami yang langsung dibuat oleh tangan Tuhan. Gunung Kendil juga cocok  untuk para pendaki pemula.

4. Jangan salah, Semarang juga punya Grand Canyon-nya sendiri, lho. Namanya Brown Canyon

Foto dari @rani.hapsarid
Brown Canyon terletak di Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Tempat yang lumayan jauh dari pusat kota ini sebenarnya bukan untuk tempat wisata. Mulanya merupakan tempat  penambangan yang bersusia puluhan tahun lamanya. Karena penggalian selama bertahun-tahun inilah yang menjadikan tempat ini berubah bentuk layaknya Grand Canyon di Amerika. Seiring berjalannya waktu, tempat eksotis ini mulai dicintai para penggemar fotografi. Dan sekarang menjadi obyek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Saat kamu berkunjung ke Semarang,  sayang banget kalau sampai melewatkan Brown Canyon.

5. Yuk, ngadem cantik di Pantai Marina

Foto dari @dindrahma
Pantai  Marina letaknya tak jauh dari Puri Maerokoco, tepatnya di jalan Yos Sudarso, kompleks PRPP (Pekan Raya Promosi dan Pembangunan), Tawangsari, Semarang, kurang lebih 20 menit dari pusat kota. Jika kamu berada di Semarang, sempatkanlah untuk berkunjung ke pantai ini. Di sini, kamu bisa bermain air sepuasnya, menghabiskan akhir pekanmu dengan perasaan riang gembira. Selain pantai Marina, ada juga Pantai Maron, Pantai Baruna, Pantai Tirang, dan Pantai Cipta.

6. Kalau kamu emank traveler sejati, kamu harus ke Curug Benowo!

Foto dari @poenjahendi
Curug Benowo berada di Lereng Gunung Ungaran, lebih tepatnya di Ds. Kalisidi, Kec. Ungaran Barat, Semarang. Curug Benowo ini bersebelahan dengan curug Lawe. Meskipun akses menuju air terjun Benowo cukup sulit, tapi semua akan terbayarkan setelah kamu sampai tujuan. Susasana di sini masih sangat alami dan asri, cocok sekali buat kamu yang ingin berleaksasi. Buat yang ingin mandi, silahkan saja, asal tetap berhati-hati ya…

7. Tempat ngadem paling asik di Semarang ya Curug Lawe lah ya…

Foto dari @citra_permani
Curug ini terletak dilereng gunung Ungaran, di tengah-tengah perkebunan cengkeh, tepatnya di Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang. Sekitar 7 KM dari Ungaran atau 12 KM dari pusat kota Semarang. Seperti akses menuju curug Benowo, akses menuju curug Lawe ini terbilang ekstrim. Meski demikian, semua akan terbayar setelah sampai tujuan. Curug Lawe ini juga masih sangat alami, susananya begitu sejuk, pemandangannya begitu indah nan asri. Berada di sini membuat hati tenang, pikiran damai. Konon, mandi di curug Lawe dan curug Benowo bisa bikin awet muda. Selain curug Benowo dan Curug Lawe, masih ada curug-curug cantik di Semarang, diantaranya: Curug Bidadari, Curug Baladewa, Curug Semirang, Curug Kali Pancur dan Curug Umbul Songo.

8. Ada juga Curug Klenting Kuning yang menyimpan pesona alam khas Jawa Tengah

Foto dari @raniswaa
Memang, tak banyak orang yang megetahui adanya sebuah curug mempesona bernama Klenting Kuning di Semarang. Terletak di  Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang dan memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Yang menarik dari tempat ini adalah tebingnya yang berwarna hitam legam dan akses jalannya yang cukup menantang. Saat sampai di lokasi, kamu akan disambut nyanyian burung berpadu dengan derasnya aliran air Curug Klenting Kuning yang sungguh dramatis. Kamu bisa mandi sepuasnya sampai segela kepenatanmu luntur satu persatu.

9. Yuk tenangin pikiran di Waduk Jatibarang

Foto dari @adit_ya_ajip
Waduk Jatibarang atau yang dikenal juga dengan nama Bendungan Jatibarang terletak di Talun Kacang, Kandri, Gunung Pati, Semarang. Meski terbilang baru, waduk Jatibarang ini sudah mampu menyihir para travelers untuk datang, sekedar mengisai waktu senggang atau bahkan yang memang sengaja ingin liburan. Harmonisasi epic antara gua alam, perbukitan, dan air waduk yang menyuguhkan keunikan sangat berbeda dengan wisata waduk lainnya. Di kawasan waduk ini, terdapat wisata Gua bernama Gua Kreo, yang sebelumnya memang sudah terkenal akan keeksotisannya. Gua tersebut memiliki kedalaman sekitar 100 m. Konon, tempat ini diyakini warga setempat sebagai tempat pencarian kayu jati oleh Sunan Kalijaga untuk membangun Masjid Demak.

10. Ingin ke tempat nongkrong asik di Semarang? Coba deh ke Bukit Gombel

Foto dari @hendriseptiani
Taman Tabanas yang lebih dikenal dengan nama Bukit Gombel. Terletak di Jl. Setiabudi,  kurang lebih 8 KM dari pusat Tugu Muda Semarang. Waktu terbaik berada di tempat ini adalah waktu sore dan malam. Waktu sore, kamu bisa menikmati sunset yang pelan-pelan hilang dibalik cakrawala. Waktu malam, kamu bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu yang menghiasi kota Semarang; bagai lautan kunang-kunang. Bagi muda-mudi yang sedang kasmaran, tempat ini cocok sekali untuk romantis-romantisan.

11. Terakhir, kamu belum ke Semarang kalau belum Simpang Lima!

Foto dari @nianiiol
Simpang Lima yang disebut juga sebagai lapangan pancasila ini merupakan salah satu landmark kota Semarang. Tempat ini berada dititik pertemuan dari lima jalan, yaitu Jl. Ahmad Yani, Jl. Pandanaran, Jl. Pahlawan,  Jl. Gajah Mada dan Jl. Ahmad Dahlan. Tempat ini juga diresmikan sebagai Alun-alun Kota Semarang dimasa pemerintahan Ir. Soekarno hingga sekarang. Banyak aktifitas berlangsung di tempat ini, dan tak penah sepi tiap harinya. Terlebih saat akhir pekan, atau saat menjelang peryaan akhir tahun. Kamu belum ke Semarang kalau belum singgah ke Simpang Lima.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

3 comments:

  1. curug benowo benar-benar keren, bukan hanya indah tapi curugnya juga tinggi..

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar.

    ReplyDelete
  3. bakal jadi referensi kalo mau ke semarang nih

    ReplyDelete

 

© 2010 Fandypedia. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top